Pengamanan Persib vs Persija Libatkan “Bobotoh”

Panpel menyiapkan 700 personel keamanan untuk mengawal jalannya big match Persib-Persija, Minggu (20/7). Pengamanan akan melibatkan unsur TNI, Polri, dan sipil. Bobotoh Persib yang tergabung dalam kelompok suporter akan dilibatkan dalam pengamanan.

Koordinator Keamanan Panpel Persib Tb. Ferdi Ligaswara, Jumat (18/7), mengatakan, jumlah personel yang diturunkan ini lebih banyak 200 orang dibandingkan dengan ketika Persib bertanding melawan Persela Lamongan. Ditambahnya jumlah personel keamanan ini, lanjut Ferdi, untuk mencegah aksi pelemparan kepada tim tamu.

Selain dari Polwiltabes, sebanyak 60 orang dari Viking dan Bomber akan dilibatkan dalam personel pengamanan. “Tak ada salahnya jika upaya islah datang dan akan dilakukan oleh bobotoh. Sekitar 60 orang dari kelompok suporter Viking dan Bomber kami libatkan untuk mengawal Persija. Kami akan upayakan memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada tim tamu,” ungkap Ferdi.

Bus yang mengangkut tim “Macan Kemayoran” akan dikawal secara ketat mulai dari tempat penginapan hingga tempat pertandingan. Pada kesempatan itu, Ferdi juga mengimbau kepada masyarakat umum agar tidak melewati beberapa ruas jalan, terutama yang menjadi akses utama menuju Stadion Siliwangi. Di antaranya Jln. Aceh, Merdeka, Riau, dan Sumbawa.

Panpel juga mengantisipasi adanya ledakan jumlah penonton di stadion, dengan menyiapkan layar besar di sekitar Monumen Perjuangan Gasibu. “Itu bertujuan untuk menggiring penonton yang tak memegang tiket dan menghindari hal yang tidak kita inginkan. Apalagi, pada laga perdana yang lalu, kita mendapat surat pujian dari BLI, suratnya sudah kami terima kemarin,” ujar Ferdi.

Persija

Ferdi mengatakan, Persija tidak akan menggunakan kesempatan melakukan uji coba lapangan Sabtu pagi ini. Panpel sudah memberikan waktu untuk uji coba lapangan sesuai dengan ketentuan, namun Persija menolaknya. “Mungkin mereka khawatir terjadi gangguan dari oknum bobotoh. Panpel sebenarnya sudah siap melakukan pengamanan,” ujarnya.

Ia juga berharap pemain Persija bisa tampil tenang dan nyaman saat pertandingan tanpa ada gangguan sedikit pun dari bobotoh. Sebab, Persib juga akan bertanding ke Jakarta pada putaran kedua. Bahkan, Persib bakal dua kali tampil di Jakarta, satu lagi berhadapan dengan PSMS Medan yang mengambil home ground sama dengan Persija di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Source: Pikiran Rakyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: