Chelsea Menang uhuy…..

London – Butuh waktu 120 menit sebelum Chelsea akhirnya mampu mengatasi Liverpool 3-2 dalam leg 2 semifinal Liga Champions. Chelsea harus berterimakasih kepada DIdier Drogba dan Frank Lampard.

Kemenangan monumental Chelsea ini dipetik di pelataran rumah sendiri, Stadion Stamford Bridge, Kamis (1/5/2008) dinihari WIB.

Drogba memborong dua gol Chelsea, masing-masing di menit ke-33 dan 105. Satu gol sisanya dicetak Lampard di bilangan menit 97. Dua gol Liverpool dihasilkan oleh Fernando Torres di menit ke-64 dan Ryan Babel di menit 118.

Jalannya pertandingan

Pertandingan baru memasuki menit kelima saat Chelsea sudah menyengat. Menguasai bola di luar kotak penalti, Drogba melepaskan sebuah tendangan keras ke gawang Liverpool. Sedikit susah payah, Pepe Reina menepis bola dan hanya menjadikannya sepak pojok.

Tak sampai lima menit kemudian, giliran Liverpool yang beroleh peluang. Mendapat umpan terobosan Steven Gerrard, Fernando Torres menggiring bola memasuki kotak penalti Chelsea dan melepaskan tendangan kaki kanan. Petr Cech yang mengawal gawang Chelsea dengan sigap menghadang bola.

Drogba secara konsisten terus mengancam. Menit 18, dengan meneruskan through-pass Frank Lampard, Drogba yang masuk ke kotak penalti Liverpool melepaskan tendangan menyusur tanah dengan kaki kiri. The Reds beruntung karena tendangan itu masih menyamping di kiri gawang Reina.

Beberapa kali terus terancam, gawang Liverpool akhirnya bobol juga. Gol bermula dari pergerakan Salomon Kalou yang lolos dari jebakan off-side dan melepaskan sepakan keras yang masih mampu ditepis Reina.

Bola yang jatuh ke kaki Drogba tanpa ampun diteruskan dengan tendangan keras kaki kanan striker Chelsea itu. Bola tak mampu ditahan Reina dan skor pun berubah jadi 1-0 untuk Chelsea

Empat menit sebelum turun minum, sebuah sepakan bebas Ballack nyaris menggandakan keunggulan The Blues. Tendangan yang dilepaskan dari luar kotak penaltin itu menyamping tipis di kanang tiang gawang Liverpool.

Liverpool nyaris membalas hanya tiga menit setelah babak kedua dimulai. Sebuah umpan lambung yang mencapai Gerrard diteruskan dengan sundulan sang gelandang. Bola disontek oleh Dirk Kuyt. Gol gagal bersarang karena Cech mengusir bola dengan ujung kakinya.

Menit 64, Liverpool akhirnya sukses menyamakan kedudukan. Adalah Torres yang membuat skor jadi 1-1 melalui golnya. Gol kedelepan Torres di Liga Champions ini tercipta dari dalam kotak penalti dengan memanfaatkan umpan Yossi Benayoun.

Di penghujung babak kedua, tak banyak peluang emas tercipta dari kedua kubu. Perpanjangan waktu pun tak terhindarkan karena agregat dari dua pertandingan berada dalam posisi 2-2.

Drogba sudah menebar ancaman di menit keempat extra time. Menggiring bola memasuki kota penalti Liverpool, upaya Drogba digagalkan oleh tekel presisi di detik-detik terakhir dari Jamie Carragher.

Sepak pojok yang tercipta dari pergerakan Drogba tadi sempat membuahkan gol bagi Chelsea lewat sepakan keras Michael Essien. Namun gol itu dibatalkan wasit karena ada dua pemain Chelsea yang sudah off-side.

Namun gol yang ditunggu suporter tuan rumah akhirnya datang juga di menit ke-97. Bola menembus gawang Liverpool melalui eksekusi penalti yang dilakukan oleh Frank Lampard.

Penalti diberikan wasit setelah Sami Hyypia menjatuhkan Michael Ballack dengan sebuah tekel terlambat. Lampard tampak emosional setelah menyarangkan gol karena peristiwa meninggalnya sang ibunda beberapa hari lalu.

Gol tambahan Chelsea tercipta di menit 105, lagi-lagi melalui Drogba. Menerima umpan silang menyusur dari Nicolas Anelka, tendangan bomber Pantai Gading itu menembus telak jala Reina. 3-1 untuk Chelsea.

Tiga menit menjelang usainya pertandingan, Ryan Babel sedikit menghidupkan peluang Liverpool melalui golnya. Gol yang spesial, karena dilesakkan Babel melalui tendangan kencang dari luar kotak penalti.

Namun gol tambahan yang dicari para pemain Liverpool tak berhasil mereka dapatkan hingga wasit Roberto Rosetti meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga berdurasi 120 menit itu. Chelsea pun berhak ke final.

Di partai puncak kompetisi nomor wahid Eropa ini, Chelsea sudah ditunggu oleh Manchester United yang kemarin sukses memecundangi Barcelona dengan skor 1-0.

Susunan pemain:
Chelsea: Cech; Essien, Terry, Carvalho, A. Cole; Kalou (Malouda 71), Lampard (Shevchenko 118), Makelele, Ballack, J. Cole (Anelka 91); Drogba

Liverpool: Reina; Arbeloa, Carragher, Skrtl (Hyypia 22), Riise; Mascherano, Alonso; Kuyt, Gerrard, Benayoun (Pennant 78); Torres (Babel 99)

Source from

Detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: